batampos.co.id – Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana akan membantu mewujudkan berdirinya Museum Batam.

Dalam waktu dekat, akan ada tim dari pusat yang diturunkan untuk mengkaji dan mempelajari pendirian museum yang akan mengambil lokasi di bekas bangunan Astaka MTQ di Dataran Engku Putri, Batam Center tersebut.

”Kemendikbud lewat Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman akan membantu merevitalisasi Museum Batam,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, melalui rilis usai bertemu dengan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Ara di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Menurut Ardi, pemerintah pusat mendukung pendirian Museum Batam lantaran ada beberapa hal.

Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata (kanan) saat bertemu dengan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Ara di Jakarta, Selasa (23/7/2019). Foto: Dokuemntasi Disbudpar Batam untuk Batam Pos.

Selain untuk merekam jejak sejarah, museum tersebut juga nantinya bisa jadi salah satu andalan untuk menarik wisatawan berkunjung. Termasuk, wisatawan mancanegara (wisman).

Baca Juga: Sektor Pariwisata Meningkat, Pedagang Pernak Pernik Berkembang Pesat

”Berdasarkan kajian Bank Indonesia, salah satu alasan wisman ke Batam itu untuk wisata sejarah, sehingga museum ini marketable di Batam,” paparnya.

Terlebih, sambung dia, Kota Batam juga telah memiliki Pokok Pikiran dan Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Batam yang telah ditandatangani oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Menurut Ardi, PPKD itu jadi salah satu dasar pendirian museum karena di dalamnya ada alur berpikir tentang kebudayaan.

”Selain itu, ada juga enam persyaratan yang harus dipenuhi, dan Batam sudah punya itu semua,” kata dia.

Baca Juga: Dukung Pariwisata Perbatasan, HOMR Hadir Di Batam

Adapun, enam syarat itu adalah memiliki visi dan misi, memiliki koleksi, memiliki lokasi dan atau bangunan, memiliki sumber daya manusia, memiliki sumber pendanaan tetap dan memiliki nama museum.

”Kita optimistis Museum Batam akan segera terwujud, semoga kita harapkan akhir tahun nanti bisa diresmikan,” harap Ardi.(une)

Loading...