batampos.co.id – Pasar TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) terus digesa persiapannya. Pasar yang berlokasi di belakang Sekolah Kallista Batam Center ini akan menjual harga kebutuhan pokok, khususnya bahan pangan dengan harga standar dari distributor.

Pantauan Batam Pos di lokasi, kios sudah terpampang nama-nama jenis pangan dari distributor tertentu yang akan dijual.

Tidak hanya itu, lampu, air serta lapak juga sudah siap digunakan. Selain itu, lapak promosi yang jadi pembeda dengan pasar pada umumnya, yakni layar videotron juga sudah mulai terpasang.

”Semua sudah oke, air maupun listrik sudah semua, tinggal pasang bola lampu,” kata Ketua Asosiasi Distributor Bahan Pokok Batam, Aryanto, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga: Atasi Pedagang Nakal, Pengelola Pasar Diminta Tampilkan Daftar Harga di Videotron

“Plang nama sudah kami pasang dan videotron sedang proses. Pada prinsipnya progresnya baik,” kata dia lagi.

Bahkan, ia mengaku kemarin telah rapat dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam.

Menurutnya, Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau, cukup intens menyiapkan pasar yang akan jadi rujukan tersebut.

Plang kios di dalam Pasar TPID yang berada di Pasar Niaga Mas, Batam Center sudah terpasang, Rabu (11/9/2019). Pasar tersebut akan diresmikan pada 21 September 2019 mendatang oleh wali kota Batam, Muhammad Rudi. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

”Tanggal 16 sampai 18 September barang distributor sudah masuk. Grand opening pasar tanggal 21 September,” ucapnya.

Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau, mengatakan, akan terus melakukan penyempurnaan, terutama perihal interior pasar.

Dengan demikian pasar ini tidak seperti pasar pada umumnya karena memiliki kekhasan dan nyaman untuk dikunjungi.

”Tiang-tiang di pasar itu akan kami beri ornamen motif Batik Batam,” ujarnya.

“Lalu kami siapkan spot foto tiga dimensi. Ini kami lakukan supaya pasar ini enak untuk dikunjungi,” papar dia lagi.

Baca Juga: Di Sini Pasar yang Harganya Termurah di Kota Batam

Pasar ini kelak akan diresmikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Selain pejabat dari Kemendag, dijadwalkan hadir Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Diah Natalisa.

”Karena ini terkait inovasi pelayanan publik, deputi akan hadir. Selain itu pak Gubernur Babel (Erzaldi) juga direncanakan hadir,” katanya.

Tidak hanya itu, sejumlah perwakilan daerah lain juga akan hadir guna menyaksikan peresmian sekaligus melihat pasar TPID yang akan diisi puluhan distributor pangan dan dijamin harga kebutuhan bukan harga pasar tapi harga distributor.

”Dari daerah lain juga akan hadir, seperti Jambi. Mereka ingin tahu bagaimana cara mengumpulkan distributor dalam satu pasar seperti kita,” kata dia.(iza)