batampos.co.id – Sepekan terakhir Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ramai didatangi pengunjung. Masjid megah yang baru selesai dibangun itu bagaikan magnet bagi siapa saja yang melintas di jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang.

Hampir setiap menit, ada saja pengendara yang menepi untuk melihat ataupun berswafoto dengan latar belakang masjid tersebut.

Padahal masjid itu baru akan dibuka untuk umum pada Jumat (20/9/2019) mendatang.  Informasi yang diperoleh batampos.co.id, masyarakat datang ke masjid itu tidak hanya dari sekitar wilayah Batuaji dan Sagulung saja.

Tapi dari berbagai penjuru Kota Batam. Termasuk masyarakat hinterland.

“Wisatawan dari Singapura dan Malaysiapun banyak yang sudah ke sini. Memang ramai terus sejak sepekan ini,” ujar Agus, seorang pekerja di lokasi Masjid, Rabu (18/9/2019).

Baca Juga: Ramai-ramai Bersihkan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardi Winata, menuturkan, masjid tersebut mampu menampung 40 ribu jemaah.

Kata dia, sejak pagar pembatas masjid di buka, setiap saat ada saja warga yang mengabadikan masjid tersebut dengan kamera yang ada di telepon genggam mereka.

“Ini bagus karena salah satu target pembangunan masjid ini untuk menggaet minat wisatawan khususnya wisata religi,” ujarnya.

Masyarakat memenuhi bagian depan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Kehadiran masjid terbesar dan megah se-Sumatera itu kata Ardi, merupakan kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Batam.

Masjid Sultan lanjutnya akan menjadi bagian dari ikon tambahan destinasi wisata di kota Batam.

Ini lanjutnya, sejalan dengan upaya Pemko Batam untuk mendongkrak pariwisata.

Baca Juga: Menara Pandang di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Diuji Coba

“Untuk peresmian pembukaan untuk umum nanti, kita juga akan memperkenalkan ikon baru kota Batam ini kepada 2.000 tamu dari negara-negara tetangga. Semoga kedepannya tetap jadi daya tarik bagi wisatawan serupa,” kata Ardi.

Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, Febrialin, mengatakan, masjid tersebut sudah siap digunakan.

Untuk kelancaran acara pembukaan untuk umum pada Jumat (20/9/2019) mendatang, pihaknya telah bekerja maksimal agar semua tamu dan jemaah yang hadir dapat terakomodir dengan baik.

“Ada 250 personil para tamu dan jemaah nanti. Semua sudah dipersiapkan secara baik,” ujar Febrialin yang menjadi koordinator penerima tamu peresmian pembukaan untuk umum Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Agus, seorang pengunjung yang dijumpai saat berada di lokasi masjid mengaku sangat bangga dengan masjid tersebut.

Dia dan keluarganya mengaku tak sabar untuk bisa beribadah dan melihat-melihat bagian dalam masjid yang dilengkapi dengan menara.

“Alhamdulilah, senang banget. Bangunannya megah dan berwibawa. Semoga menjadi berkah buat kita semua. Tak sabar supaya bisa dipakai,” kata Agus.(eja)