batampos.co.id – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepri melaunching Smart SIM dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), Minggu (22/9/2019) di atrium DC Mall.

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Pol Roy Ardhya Candra, mengatakan, peluncuran Smart SIM dan SP2HP bertepatan dengan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke -64.

Smart SIM lanjutnya, tampilannya berbeda dari SIM biasa.

“Fungsinya (Smart SIM) tidak hanya sebagai alat atau kelengkapan dokumen berkendaraan saja,” jelasnya.

Menurutnya, bagi yang sudah memiliki Smart SIM dapat digunakan untuk membayar tol, E-Tilang dan lain sebagainya.

Ilustrasi Smart SIM. Jawa Pos

“Saat ini baru bank BNI yang masih bisa melakukan tool up dan akan menyusul bank BRI dan Mandiri,” paparnya.

“Saldo maksimalnya hanya Rp2 juta,” ucapnya lagi.

Sementara untuk SP2HP online sambungnya, saat ini baru bisa digunakan oleh Satlantas Polresta Barelang.

Namun, nantinya akan menyebar ke seuluruh Polres di Provinsi Kepri.

“SP2HP dibuat berrtjuan untuk mengetahui seberapa jauhnya perkembangan penyelidikan untuk kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Batam,” jelasnya.

Baca Juga: Ditlantas Polda Kepri Laksanakan Anjangsana ke Panti Asuhan dan Rumah Purnawiran Polri

Kata Roy, untuk mengetahui perkembangan di SP2HP bisa buka di website www.polrestabarelangkepri.com.

Di sana terdapat notifikaai icon SP2HP online Sat Lantas Polresta Barelang dan masukkan passwordnya yang sudah disediakan oleh penyidik Laka Lantas Polresta Barelang.

“Di website itu kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan kasus Lakalantas secara terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi,” ujarnya.

Roy mengatakan pada HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 64 kali ini, bertemakan “Semangat Promoter Ditlantas Polda Kepri Mengoptimalkan Pelayanan Lalu Lintas Berbasis IT Guna Mendukung Program Road Safety“.

Personel Ditlantas Polda Kepri mendonorkan darahnya. Kegiatan ini dilakukan sempena dengan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 64. Foto: Dokumentasi Ditlantas Polda Kepri untuk batampos.co.id

“Sesuai arahan dari Mabes Polri khususnya Korlantas Hari Lalu Lintas tahun 2019 ini, kegiatan Hari Lalu Lintas melaksanakan kegiatan yang sifatnya keselamatan berlalu lintas,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan beberapa kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat.

Baca Juga: Ditlantas Polda Kepri Gelar Bakti Sosial

“Kami sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti bakti sosial, gotong royong membersihkan mesjid dan gereja,” paparnya.

“Serta anjangsana ke rumah purnawirawan Polri dan memberikan bantuan bedah rumah, sunatan massal, memberikan bantuan ke panti asuhan, donor darah dan lain sebagainya,” kata Roy lagi.(iwa)